Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Memotret Street Fotografi dengan Kamera Mirrorless

Teknik Memotret Street Fotografi dengan Kamera Mirrorless

Street fotografi merupakan genre fotografi yang menangkap momen sehari-hari di jalanan kota. Street photography biasanya berfokus pada interaksi spontan antar manusia, suasana hiruk pikuk kehidupan urban, bangunan tua dan modern, serta dinamika keseharian warga kota. 

Kamera mirrorless saat ini semakin banyak digunakan untuk memotret street photography berkat ukuran body dan lensanya yang compact dan ringan. Berikut adalah panduan lengkap teknik memotret street photography menggunakan kamera mirrorless.

Pilihan Lensa Mirrorless Terbaik untuk Street Photography

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan memotret street photography yaitu lensa, berikut ini beberapa point yang bisa menjadi referensi :

a. Gunakan Lensa Prime Wide Angle 24mm atau 35mm

Lensa prime wide angle seperti 24mm atau 35mm paling cocok untuk street photography. Lensa wide angle ini mampu menangkap area yang lebih lebar sehingga bisa menampilkan interaksi subjek dengan latar belakang suasana kota. Lensa prime juga lebih ringan dan fokusnya sangat cepat.

b. Hindari Menggunakan Lensa Zoom

Meskipun praktis dan versatile, lensa zoom tidak disarankan untuk street photography karena ukurannya yang besar dan berat juga fokusnya lebih lambat. Lebih baik stick menggunakan lensa prime wide angle saja seperti 24mm atau 35mm.

Mainkan Aperture untuk Mendapatkan DOF yang Diinginkan

Pengaturan aperture bisa 'dimainkan' untuk mendapatkan depth of field yang diinginkan. Contohnya menggunakan aperture f/5.6-f/8 untuk deep depth of field yang tajam antara objek utama, latar depan dan latar belakang. Sedangkan membuka aperture ke f/2.8 bisa memberikan blur pada background.

c. Pertimbangkan Lensa dengan Stabilisasi Gambar

Beberapa lensa mirrorless dilengkapi dengan stabilisasi gambar optikal. Fitur ini sangat membantu untuk mengurangi risiko foto blur akibat goyangan kamera saat memotret.

Pengaturan Kamera Mirrorless untuk Memotret Street Photography

Selanjutnya setting kamera mirrorless anda agar pada saat memotret mendapatkan hasil yang maksimal, berikut rekomendasi settingannya :

a. Atur Minimal Shutter Speed 1/250 Detik

Atur mode shutter priority dan kecepatan minimal shutter speed 1/250 detik agar foto tidak blur. Street photography membutuhkan kecepatan tinggi dalam menangkap momen di jalanan yang sering berlalu dengan cepat. Hindari menggunakan shutter speed terlalu lambat.

b. Gunakan ISO Rendah ISO 200-400

ISO yang tinggi cenderung menghasilkan noise pada foto. Untuk mengurangi noise, pada kondisi cahaya terang siang hari turunkan ISO ke angka 200-400an agar foto terlihat bersih dan smooth. Jika lingkungan terlalu gelap, naikkan sedikit ISO tapi usahakan agar tidak lebih dari 800.

c. Atur Autofocus Sesuai Kebutuhan

Setting autofocus juga penting. Pada beberapa kamera mirrorless tersedia beragam mode autofocus. Untuk street photography disarankan menggunakan single point AF atau tracking AF agar fokus tepat pada titik yang diinginkan. Hindari autofocus yang coverage areanya terlalu luas.

d. Aktifkan Stabilisasi Gambar jika Ada

Jika kamera mirrorless atau lensanya dilengkapi stabilisasi gambar optikal, aktifkan fitur ini untuk membantu mengurangi foto blur. Stabilisasi gambar sangat membantu untuk menghasilkan foto yang lebih sharp.

Tips dan Trik Menarik saat Memotret Street Photography Menggunakan Kamera Mirrorless

setelah anda memperhatikan pemilihan lensa mirrorles serta mensetting kamera mirorrles selanjutnya anda bisa gunakan teknik yang bisa anda gunakan saat memotret, gunakan tips trik dibawah ini sesuai dengan kebutuhan anda.

a. Cari Sudut Pandang Foto yang Unik & Menarik

Saat hunting foto, jalan kaki sambil mencari spot-spot yang memiliki angle atau sudut pandang yang tidak biasa untuk memotret, misalnya dari arah yang lebih tinggi, dari bawah, dari samping atau belakang objek. Sudut pandang yang unik bisa membuat foto jadi lebih menarik.

b. Perhatikan Prinsip Desain & Komposisi Foto

Komposisi foto yang baik sangat penting dalam street photography agar terlihat menarik secara visual. Perhatikan penempatan objek utama dengan memanfaatkan prinsip desain seperti aturan third, leading lines, framing, elemen-elemen pendukung lainnya. Pastikan objek utama fokus dan catch the decisive moment!

c. Kontrol Exposure/Pencahayaan Secara Manual

Setting exposure berupa kombinasi shutter speed, aperture, dan ISO sebaiknya diatur manual agar bisa mendapatkan pencahayaan yang tepat pada foto. Usahakan tidak terlalu over atau under exposed. Hindari melakukan editing foto secara berlebihan di post-processing.

d. Latih Refleks untuk Menjepret dengan Cepat

Dalam street photography diperlukan refleks dan motorik yang cepat untuk segera mengarahkan kamera dan menekan tombol jepret begitu melihat adanya momen atau aksi menarik di sekitar. Makin sering berlatih maka refleks memotret semakin terasah.

Itulah berbagai teknik dan tips membidik street photography dengan kamera mirrorless anda juga bisa mempelajari Teknik Memotret Street Fotografi dengan Kamera DSLR. Teruslah berlatih dan mengasah kemampuan agar bisa mendapatkan foto-foto keren saat hunting di jalanan kota.