Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memotret Street Fotografi di Malam Hari

Tips Memotret Street Fotografi di Malam Hari

Memotret foto jalanan (street photography) di malam hari dapat menghasilkan foto-foto yang artistik. Namun memotret di malam hari tentu memiliki tantangan tersendiri karena minimnya cahaya. Oleh karena itu dibutuhkan teknik dan persiapan peralatan street fotografi khusus agar dapat menghasilkan foto street yang bagus di kondisi pencahayaan yang terbatas. Salah satu kuncinya adalah pengaturan kamera seperti ISO tinggi, diafragma lebar, dan kecepatan rana yang tepat sesuai kondisi cahaya. Selain itu tripod dan teknik pencahayaan juga penting untuk dikuasai saat memotret di malam hari.

Cara Memotret Street Fotografi di Malam Hari

Berikut adalah beberapa tips dari himputek.net untuk point-point yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memotret street fotografi pada malam hari :

1 Pertimbangkan Setting Kamera

Saat memotret di malam hari, pengaturan kamera yang tepat sangat penting. Gunakan ISO tinggi antara 1600-6400 agar sensor kamera dapat menangkap cahaya seminimal mungkin. Setting aperture f/2.8 atau lebih lebar juga diperlukan agar lebih banyak cahaya masuk. Eksposure time diatur 1-30 detik bergantung pada kondisi cahaya.

2. Gunakan Tripod

gambar tripod

Karena pencahayaan yang minim, menggunakan tripod sangat direkomendasikan agar tidak terjadi guncangan kamera yang mengakibatkan foto blur. Tripod juga memungkinkan untuk menggunakan exposure time yang lebih lama tanpa takut foto blur.

3. Pilih Sudut Pengambilan yang Menarik

gambar Sudut Pengambilan yang Menarik

Malam hari, kita tidak dapat mengandalkan cahaya matahari. Oleh karena itu, pilihlah spot yang memiliki pencahayaan menarik seperti lampu jalan, papan reklame, dan sebagainya. Atur komposisi sedemikian rupa sehingga pencahayaan tersebut menjadi highlight utama foto.

4. Manfaatkan Pencahayaan Alami

Selain lampu buatan, pencahayaan alami seperti bulan dan bintang dapat dimanfaatkan. Pasang setting kamera untuk eksposur panjang agar cahaya alami yang minim tersebut tertangkap oleh kamera.

5. Atur White Balance

gambar Atur White Balance

Suasana malam didominasi pencahayaan lampu yang memiliki suhu warna tertentu. Agar foto tidak berwarna kuning atau biru, atur white balance kamera agar warna foto sesuai dengan kenyataannya.

6. Jangan Lupa Mainkan ISO

gambar setting  ISO

Setting ISO yang tinggi digunakan agar sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya. Namun ISO tinggi juga akan menghasilkan noise. Oleh karena itu, lakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan kombinasi setting ISO dan aperture yang tepat agar foto cukup terang dengan noise yang minimum.

7. Perhatikan Orang dan Aktivitas

gambar Orang dan Aktivitas

Spot foto yang menarik bisa berupa orang atau aktivitas di malam hari. Misalnya, penjual kaki lima, pengamen jalanan, atau suasana kafe dan restoran. Dapatkan moment dan ekspresi menarik dengan teknik fotografi street photography.

Itulah beberapa tips memotret street fotografi di malam hari. Dengan persiapan yang matang, kita dapat menghasilkan foto malam yang artistik dan penuh makna.