Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Siaran Langsung Instagram Lewat Fitur Live

Cara Memulai Siaran Langsung Instagram Lewat Fitur Live

Himputek.net - Fitur Siaran Langsung atau Live Instagram telah hadir sejak tahun 2020 di bulan April silam. Dengan adanya fitur Siaran Langsung, kamu bisa melakukan komunikasi lewat video untuk terhubung dengan mudah kepada pengikut atau komunitas kamu.

Menyambut Pengikut dengan Siaran Langsung Instagram

Saat melakukan Siaran Langsung, kamu akan dapat menerima komentar dan pertanyaan dari penonton sehingga dapat membangun hubungan yang kuat dengan para penontonmu.

Agar Siaran Langsung Instagram perdana kamu sukses, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yang pertama, pastikan koneksi internetmu kuat dan siaran berdurasi minimal satu jam agar orang baru ikut bergabung.

Semakin lama kamu melakukan siaran langsung, semakin banyak waktu orang untuk bergabung. Pengikutmu akan mendapatkan notifikasi saat kamu sedang melakukan siaran langsung dan akan muncul di depan bilah cerita.

Sebelum kamu melakukan Siaran Langsung, perlu untuk menguji dan mempelajari fitur dan pengaturan Siaran Langsung Instagram. Terdapat beberapa mode yang bisa kamu pilih, misalnya Scheduled Live yang memungkinkanmu mengatur jadwal Siaran Langsung, serta Audience yang memungkinkanmu memilih mode Public veya Practice.

Dalam mode Practice, kamu berkesempatan untuk berlatih terlebih dahulu sebelum melakukan siaran secara publik. Siaran Langsung mode Practice hanya dilakukan sendiri dan tidak ada pengikut yang akan menonton atau diberikan notifikasi.

Tips Memulai Siaran Langsung di Instagram

Sebelum Siaran Langsung dimulai, kamu juga bisa memberi tahu pengikutmu dengan menggunakan stiker hitung mundur di Stories atau postingan di Beranda Instagram. Untuk memulai video siaran langsung, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponselmu.
  2. Ketuk ikon + atau plus di bawah layar atau geser ke kanan dari mana pun di Beranda untuk membuka kamera Stories.
  3. Gulir fitur yang ada di bawah layar ke kanan sampai menemukan fitur Siaran Langsung untuk memulai.
  4. Sebelum menyiarkan langsung, ketuk ikon orang di sisi kiri untuk membuka kontrol guna memilih orang yang kamu izinkan untuk melihat Siaran Langsung Instagram, apakah itu Publik atau Practice.
  5. Setelah siap, ketuk tombol Siaran Langsung di bawah layar dengan ikon bulat.
  6. Ketika sedang dalam Siaran Langsung, berikan sedikit waktu untuk menyapa penonton saat banyak orang bergabung. Kamu bisa menjawab komentar dan pertanyaan dari penonton melalui sticker yang mereka kirim.
  7. Untuk menghindari komentar yang tidak sesuai, kamu dapat menyembunyikan dan menyaring komentar yang mengganggu atau mengandung kata-kata tertentu dengan mengaktifkan opsi Sembunyikan Komentar Mengganggu dalam pengaturan.
Setelah siaran langsung selesai, video akan tetap tersedia di Instagram Stories selama 24 jam. Setelah itu, kamu bisa menyimpan video tersebut. Sebagai tips tambahan untuk memulai siaran langsung, kamu bisa melakukannya dengan partner bisnis, kreator, atau penggemar untuk berkolaborasi.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba Siaran Langsung dengan fitur Tanya Jawab untuk mengajukan pertanyaan selama siaran langsung atau menggunakan stiker Pertanyaan di Stories untuk mengumpulkan pertanyaan sebelum acara dimulai.

Itulah panduan lengkap tentang cara memulai siaran langsung di Instagram. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat membuat pengalaman siaran langsung yang menarik dan berinteraksi langsung dengan pengikutmu. Selamat mencoba!